Membuat desain grafis yang menawan, kini tidak hanya dapat dilakukan kalangan profesional. Karena sejumlah aplikasi desain grafis Android sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengerjakan berbagai keperluan desain.

Selain mudah, penggunaan aplikasi Android juga menjadikan pengerjaan desain grafis lebih praktis, efektif dan efisien. Kamu dapat dengan mudah membuat desain, kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi ruang dan waktu, mengingat smartphone yang digunakan sebagai media kerja.

Tertarik untuk membuat desain dengan menggunakan smartphone? Berikut 20 aplikasi desain grafis Android yang terbaik dan cocok bagi pemula.

1. Canva

Setelah sukses meluncurkan web design platform, Canva merambah ke aplikasi dengan menghadirkan Canva for Mobile yang dapat ditanamkan pada perangkat iOS dan Android.

Sebagaimana versi webnya, beragam fitur ditawarkan untuk mempermudah penggunanya yang ingin membuat logo, poster, banner, resume, presentation, infografik, flyer, brosur, ID card, desain stempel dan berbagai fitur lain yang terkait dengan dunia desain grafis.

Selain fitur, cara kerja dari Canva for Mobile juga tidak berbeda dari versi webnya. Saat akan membuat desain, kamu akan diberi dua alternatif untuk dipilih, yaitu: membuat desain sendiri atau memanfaaatkan template yang sudah ada.

Jika kamu tertarik untuk membuat desain sendiri, Canva telah menyediakan tools yang relatif lengkap untuk kebutuhan desain. Namun jika ingin cara yang lebih cepat dan mudah, Canva telah menyiapkan lebih dari 6000 template untuk dipilih. Sehingga kamu tinggal melakukan edit sederhana dengan hasil yang luar biasa.

2. Adobe Photoshop Express

Istilah ‘photoshop’ tentu sudah tidak asing lagi bagi mereka yang bergelut dengan dunia desain grafis. Hanya saja ‘Photoshop’ yang menjadi senjata andalan desainer tersebut dijalankan pada perangkat PC/laptop, sementara Photoshop Express yang juga dibuat oleh Adobe berjalan pada perangkat mobile.

Sesuai dengan namanya, aplikasi desain grafis Android yang satu ini dapat digunakan untuk mengedit foto dan beberapa jenis pekerjaan desain grafis lainnya secara cepat dengan hasil yang maksimal. Meskipun secara keseluruhan fitur yang tersedia tidak selengkap software yang ditanamkan pada PC/laptop.

Kemampuannya dalam menangani berbagai jenis olah grafis tersebut disebabkan karena lengkapnya fitur yang dimiliki, termasuk sejumlah fitur unik seperti noise remover, perspective corrrection dan berbagai jenis filter yang dapat menjadikan hasil karya kita semakin terlihat indah dan menarik.

3. Adobe Illustrator Draw

Tidak hanya photoshop saja yang dibuat dalam versi aplikasi mobile, Adobe juga mengadaptasi Adobe Illustrator yang dulu hanya dapat digunakan pada perangkat desktop menjadi aplikasi desain grafis di android bernama Adobe Illustrator Draw.

Sama halnya dengan photoshop, terdapat sejumlah keterbatasan pada Adobe Illustrator versi mobile ini, mulai dari banyaknya tool yang tersedia sampai dengan dukungan file. Namun demikian aplikasi ini tetap dapat menghasilkan ilustrasi yang menakjubkan dengan fasilitas yang dimilikinya ditambah kreativitas kamu sebagai pengguna.

Beberapa tool menarik yang tersedia pada aplikasi ini diantaranya adalah: penggunaan beberapa layer sekaligus yang dapat digandakan, digabungkan dan diganti nama, zoom hingga 64x untuk hasil yang lebih detail, 5 pen yang dapat disesuaikan untuk ukuran dan warna serta beberapa fitur eksklusif lainnya.

4. Desygner

Sistem kerja dari aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan Canva, yaitu menyediakan beragam template untuk pembuatan spanduk, poster, logo, banner, resume, flyer, infografik, cover buku, ID Card, desain stempel dan sebagainya, sehingga pengguna tinggal melakukan edit sederhana dengan mudah dan cepat.

Aplikasi desain grafis android yang satu ini menawarkan lebih dari 1 juta template dan ribuan gambar royalti yang dapat dimanfaatkan dengan gratis. Jika kamu mendapatkan fasilitas yang lebih, kamu bisa berlangganan Desygner Premium seharga $9,99 perbulan atau $69,99 pertahun.

Untuk pengguna premium, Desygner memberikan akses menyeluruh pada pilihan layout, aset gambar, font dan warna, serta dapat mengimpor elemen dari file PSD dan PDF.

5. PicsArt

PicsArt merupakan salah satu aplikasi desain grafis android yang banyak diminati pemilik online shop dan pengguna sosial media. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi ini tidak hanya dapat dipakai untuk mengedit foto, tapi juga menambahkan teks dan stiker pada foto, menjadikan foto lebih artistik, membuat desain 3D dan beragam fungsi lainnya.

Fitur dasar yang dimiliki aplikasi ini terbilang lengkap, seperti size, crop, clone rotation, curve hingga pengaturan cahaya seperti color, brightness dan opacity. Menariknya, foto yang telah diedit atau desain yang telah dibuat dapat langsung diposting ke sosial media.

6. AutoCAD

Jika kamu menyukai dunia menggambar, AutoCAD merupakan aplikasi desain grafis di android yang bisa dijadikan pilihan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan lebih mudah dalam menggambar dan membuat berbagai macam desain sesuai dengan yang diinginkan.

Berbagai macam fitur menarik ditawarkan oleh AutoCAD, salah satu diantaranya adalah fitur yang membuat pengguna dapat melihat setiap koordinat dari gambar yang dibuatnya. Selain itu, desain yang kamu hasilkan dapat disimpan dalam format PDF atau DWF.

7. Logo Maker

Diunduh lebih dari 5 juta pengguna dengan lebih dari 121.000 ulasan dan rating 4,7 menjadi bukti bahwa Logo Maker merupakan salah satu aplikasi desain grafis android yang layak diperhitungkan. Utamanya oleh mereka yang tertarik untuk membuat desain logo.

Berbagai elemen dasar untuk membuat logo telah disiapkan oleh aplikasi ini seperti elemen Arts, Color, Shapes serta Background & Textures. Tidak hanya itu, sejumlah tool editing turut pula disertakan seperti: Font, Color, Hue, Flip, Rotate, Resize, 3D Rotate, Curve serta yang lain.

8. 3DC.io

Meski kamu terbilang pemula di dunia desain grafis, tidak akan merasa sulit untuk menghasilkan gambar 3D jika menggunakan aplikasi desain grafis android bernama 3DC.io ini.

Berbagai fitur yang tersedia akan membantu penggunanya untuk membuat model 3D sebagaimana yang diinginkan. Bahkan, aplikasi ini akan membantu kamu untuk mendapatkan berbagai macam ide dalam membuat gambar 3D.

9. Infinite Design

Sebagaimana 3DC.io, aplikasi desain grafis android bernama Infinite Design ini juga sangat membantu dalam menggambar 3D melalui smartphone. Istimewanya, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur untuk mempermudah membuat gambar komik, manga serta desain Doodle.

Fitur istimewa tersebut diantaranya layer dan Undo yang tidak terbatas, tersedia balon teks dalam berbagai bentuk yang dapat diperbesar dan diputar sesuai selera, fungsi transformasi, memiliki lima perspektif berbeda serta dapat mengimpor dan mengekspor gambar dalam berbagai format seperti JPG, PNG dan SVG.

10. Snapseed

Satu lagi aplikasi desain grafis android yang banyak digunakan pemilik online shop dan pengguna sosial media adalah Snapseed. Karena dengan aplikasi yang dimiliki Google ini hasil desain dapat langsung diunggah ke sosial media.

Snapseed sendiri sebenarnya hanya memiliki 7 fitur yang bisa digunakan oleh pengguna untuk melakukan editing. Ketujuh fitur tersebut adalah: Tune Image, Details, Crop, Tonal Contrast, Vignette dan Portrait. Namun karena penggunaannya yang sangat mudah dengan hasil yang memuaskan, membuat aplikasi ini banyak digunakan.

Itulah 10 aplikasi desain grafis di android terbaik yang cocok bagi pemula karena cukup mudah digunakan dengan hasil yang istimewa. Buat kamu yang kebingungan membuat sketsa stempel yang akan di pesan, bisa coba pakai salah satu dari aplikasi desain grafis android diatas.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari sisi keamanan. Semuanya aplikasi yang aman karena diluncurkan oleh pengembang profesional, dan punya nama besar dalam dunia desain grafis. (*)

Gambar oleh Pixabay